Makna Hari Kartini

Jumat, April 20, 2012 Add Comment
Makna Hari Kartini - Kali ini Cak Deni akan membahas tentang makna hari kartini , besok tepatnya tanggal 21 april merupakan hari lahirnya Raden Adjeng Kartini. Siapa itu Raden Adjeng Kartini ? Raden Adjeng Kartini atau yang kita kenal sebagai ibu kartini adalah sebagai pelopor perjuangan kaum perempuan , simbol persamaan gender , emasipasi wanita di indonesia .

Raden Adjeng Kartini merupakan putri dari golongan bangsawan jawa yaitu Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang Bupati Jepara pada saat itu. Kartini lahir di Jepara, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal pada tanggal 17 September 1904 di Rembang.

Setiap  Tanggal  21  April  kita  sebagai  warga  negara  Indonesia  khususnya  perempuan  merayakan  Hari Kartini, dari  tahun  ke  tahun  sejauh  yang  kita  ingat  setiap  hari  Kartini  disekolah  diwajibkan  memakai  pakaian  adat  daerah  dari  berbagai  pelosok  tanah  air  atau  kegiatan‐kegiatan  yang  berkaitan  dengan  kewanitaan. Dimana  kaum  perempuan  bisa  sekolah  setinggi‐tingginya,  dan  mendapatkan  hak  yang  sama  dengan kaum pria. 

Tapi Ironisnya justru setelah sekian lama kondisi kaum perempuan saat ini masih banyak yang jauh dari harapan, ada  yang  mandiri  seolah‐olah   bisa  hidup  tanpa  kaum  pria,atau  kaum  perempuan  menjadi budak  di  negeri  orang  dan  menjadi  bahan  pelecehan  atau  diperjual  belikan.Yang  seharusnya  adalah kesetaraan,saling menghormati, saling mendukung,dan saling menjaga kebebasan secara manusiawi. 

Di dalam keluarga, di dalam pekerjaan, di dalam masyarakat, masih banyak kita lihat ketidak adilan yang  diterima  oleh  kaum  perempuan.Tapi  apakah  sebagai  perempuan  harus  diam  diperlakukan  seperti  itu...Nasib  kita  sebagai  kaum  perempuan  ada  ditangan  kita  sendiri,jadi  perlihatkan  kalau  kaum perempuan  itu  tidak  lemah  dan  mempunyai  kekuatan  untuk  melebihi  kaum  pria  tapi  tidak  lepas  dari tanggung jawab terhadap keluarga, pekerjaan ,dan masyarakat sebagai kodratnya kaum perempuan. 

Semoga  makna  Kartini  ditahun  ini  dan  juga  tahun‐tahun  mendatang  bukan  sekedar  memperingati dengan  kegiatan‐kegiatan  tapi  muncul  Kartini‐Kartini  baru  yang  melegenda  seperti  Ibu  Kartini. Sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan.Dan dibalik suksesnya sebuah keluarga biasanya ada  seorang  perempuan yang  kuat, dan  tabah  memikul  beban  sebagai  seorang  istri, seorang  ibu, seorang karyawati dan seorang wanita yang baik berkepribadian. (garutkab.go.id)

Habis Gelap Terbitlah Terang ( Door Duisternis tot Lich ) merupakan sebuah buku kumpulan surat-surat Kartini yang di kirimkan kepada sahabat-sahabatnya di Belanda. Buku tersebut merupakan bukti begitu besar keinginan seorang Kartini untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada zamannya.

Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya sebagai pelopor kebangkitan perempuan, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 21 April sebagai hari lahir Kartini dan sekaligus juga menetapkan Raden Adjeng Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang di peringati setiap tahun. Dan sekarang di kenal denganHari Kartini.(kucoba.com)
  • Share :
  • SHARE
  • TWEET
Terimakasih sudah membaca artikel Makna Hari Kartini dengan URL http://cakdeni.blogspot.com/2012/04/makna-hari-kartini.html. Sempatkan juga untuk membaca artikel-artikel yang lainnya.

Belum ada komentar untuk "Makna Hari Kartini"

Tambahkan komentar anda :